Aku Peraih Beasiswa dan Bangga Menjadi Mahasiswa Jurusan Teknik PNJ

Dzikru Rahman seorang mahasiswa asal Bogor yang masih duduk di semester satu Program Studi D-III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta telah berhasil membuat viral sosial media akhir-akhir ini, khusunya Instagram dan Twitter. Pasalnya video yang ia unggah berhasil membuat warganet kagum sekaligus terharu. Dalam video tersebut Dzikru menampilkan sebuah cerita singkat ketika ia diterima di Politeknik Negeri Jakarta sekaligus memperoleh beasiswa dari Go-Jek.

Mahasiswa kelahiran 06 Februari 2002 ini mengaku bangga dengan profesi ayahnya yakni driver ojek online (daring). Ia mengaku bahwa dirinya bisa kuliah karena motivasi dari orang tuanya yang kuat, walaupun kondisi ekonomi biasa saja. “Awalnya memang bapak yang mendaftarkan saya untuk mengikuti seleksi di PNJ melalui jalur beasiswa Go-Jek, jadi Go-Jek menyediakan beasiswa untuk anak dari driver yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, dan awalnya juga saya gak tahu, tiba-tiba bapak ngasih tahu kalau saya didaftrarkan beasiswa go-jek, dan kampus yang dipilih itu PNJ.” Ujar Dzikru. Walaupun kesempatan pertama daftar kuliahnya sempat gagal dengan jalur nilai rapor, namun Dzikru terus mencoba sampai tiga kali baru ia berhasil lolos dengan jalur Mandiri.

Dzikru merupakan anak pertama, Ia mempunyai adik perempuan yang masih duduk di kelas 3 SMP. Ia bercita-cita ingin membanggakan keluarganya dengan kuliah di Jurusan Teknik Mesin, karena ingin sekali memiliki keahlian pada bidang teknik mesin dan suatu saat bisa jadi orang sukses dengan ilmu yang dimilikinya. Dzikru juga menuturkan bahwa ayahnya menjadi driver ojek online sejak Sejak tahun 2015. Dulu penghasilannya lumayan untuk mencukupi kebutuhan keluarga, namun semenjak adanya corona penghasilan ayahnya menurun drastis. “Paling sekarang bapak nunggu penumpang dari rumah saja, dan itupun jarang mendapat orderan jauh, beda waktu sebelum adanya corona, bapak bisa narik penumpang sampai daerah Jabodetabek.” Ungkapnya.

Dzikru mengungkapkan bahwa informasi beasiswa Go-Jek didapat ayahnya dari notifikasi aplikasi Go-Jek, dan Dzikru mengaku senang telah lulus seleksi serta diberikan kesempatan untuk bisa menuntut ilmu pada Program Studi D-III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta. Dzikru yang tidak patah semangat ini sebelumnya juga sempat mendaftaran diri untuk kuliah di beberapa Universitas terkemuka di Indonesia, diantaranya Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Jakarta, namun belum berhasil lulus seleksi di tiga kampus tersebut.  Dzikru mengatakan bahwa di PNJ Ia berhasil diterima, dan sebenarnya ada dua orang yang berhasil meraih beasiswa dari go-Jek untuk kampus PNJ. “Yang pertama saya, dan satu lagi Sri Indah Rahmadini, dia mengambil Program Studi Jurnalistik, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ, dan waktu itu ada yang mengumpulkan kami di direktorat PNJ, namanya Mbak Mita perwakilan dari  Go-Jek, setelah itu ada sesi poto-poto gitu.” Ungkap alumnus SMAN 1 Cibinong tersebut.

Dzikru juga menuturkan bahwa dirinya aktif di Tiktok belum lama, malah sebelumnya sama sekali tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut. Namun ia sudah lama punya akun instagram, dan pada saat muncul ide untuk membuat video itu, ia mengaku tidak menyangka videonya akan viral, dan di luar perkiraan, videonya diapresisasi oleh warganet, terbukti komentar di Tiktok hingga hari kamis 01 Oktober 2020 telah mencapai 2.777, yang menonton berjumlah 80.000 orang. Di Instagram, yang berkomentar sebanyak 6.632, yang ngelike, 236.429. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak yang telah membantu memviralkan videonya mulai dari sahabat hingga orang yang tidak ia kenal sama sekali. “Bahkan ada, artis yang mensnapgram videonya, dan yang ngetag juga ada, salah satunya Nikita Mirjani.” Ungkapnya lagi.

Berkat viralnya video tersebut, Dzikru mengaku telah dihubungi beberapa media online, antara lain; Kompas.com, Tribunews.com, Suara.com, Detik.com, dan Kumparan.com. Selain itu, ia juga mengaku telah dihubungi oleh Trans TV, untuk menjadi tamu di acara Brownis hari Kamis, 8 Okotber 2020 minggu depan nanti. Kemudian ketika ditanya apakah followersnya bertambah pasca viralnya videonya, Dzikru mengaku followersnya kini sudah mencapai 5.312, awalnya sekitar 800-an.

Video viral tersebut, di twitter sudah satu juta lebih penonton. Namun sayang, Dzikru tidak memiliki akun Twitter, berita tersebut ia peroleh dari temannya. Sampai saat ini Dzikru mengungkapkan belum ada rencana untuk membuat konten lain. Saat ini Ia akan fokus kuliah dulu. Namun, jika ada waktu senggang ia bisa saja membuat video lagi, namun ia mengaku belum ada ide. Cita-cita masuk Jurusan Mesin, setelah lulus ia ingin menjadi perancang mesin, kemudian Ia juga memiliki minat pada bidang mobil listrik di PNJ. ”Open rekrutmennya sudah kelewat sampai tanggal 30 September kemarin, jadi belum sempat daftar, tapi ada keinginan untuk daftar di unit kegitan Mobil Listrik nanti.” Ungkap Mahasiswa yang hobi olahraga renang dan basket tersebut. (Wawancara bersama Asep Yana Yusyama, Kamis, 01 Oktober 2020).

 

 

 


Share :


File Nama File Format Type