D-III Teknik Mesin

Almahdi, M.T.
Kepala Program Studi D-III Teknik Mesin

Periode 2018-Sekarang

PROGRAM STUDI D-III TEKNIK MESIN (MS), TERAKREDITASI A

Visi:

“Menjadi Program Studi Unggul Bertaraf Internasional Dalam Bidang Teknik Mesin Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”

Misi:

1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi Dalam Bidang Teknik Mesin yang Berbasis Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkarakter Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengembangkan Penelitian Dalam Bidang Teknik Mesin Dan Peningkatan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Berkelas Dunia Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

3. Mengembangkan Program Studi Yang Efisien, Efektif, Akuntabel Berbasis ICT (Information Communication Technology) Dalam Bidang Teknik Mesin.

Program Studi Teknik Mesin PNJ merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1982. Kompetensi lulusan Program Studi D-3 Teknik Mesin ialah keahlian terapan di bidang teknik mesin dan mekanik umum meliputi perancangan (desain) mekanik, produksi, dan perawatan mekanik.

  1. Kompetensi utama bidang perancangan (desain) mekanik meliputi rancang bangun peralatan bantu produksi seperti jig dan fixture, mold & dies, automasi pemesinan, dan rancang bangun mesin tepat guna sesuai kebutuhan industri dan masyarakat.
  2. Kompetensi utama bidang produksi mekanik meliputi penguasaan teknologi-teknologi pemesinan berbasis manual dan CNC, CAD/CAM, Pemesinan non-konvensional, pengelasan (welding) dan teknologi manufaktur lainnya sesuai kebutuhan industri dan masyarakat.
  3. Kompetensi utama bidang perawatan (maintenance) mekanik meliputi penguasaaan teknologi dan manajemen perawatan dan perbaikan, vibrasi, failure analysis dan teknik perawatan lainnya sesuai kebutuhan industri dan masyarakat. Kompetensi perawatan ini telah dikembangkan menjadi beberapa bidang sesuai dengan bidang kajian dan kerja sama industri:
    1. Perawatan dan perbaikan peralatan mekanik umum dan perawatan mesin-mesin produksi.
    2. Perawatanfasilitasproduksi industri semen (kerja sama dengan PT. Solusi Bangun Indonesia).
    3. Perawatan dan perbaikan pesawat udara (kerja sama dengan PT. Garuda Maintenance Facility atau PT. GMF.
    4. Inspeksi Perpipaan dan Las.

Kompetensi bidang teknik mesin yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengisi tenaga ahli madya dalam industri yang bergerak dibidang pemesinan, logam dasar, industry komponen, automotif, pertambangan dan energi, pembangkit, pesawat udara dan industri lainnya, serta berwiraswasta. D-III Teknik Mesin PNJ telah memainkan peran yang strategis dalam menyiapkan kebutuhan tenaga ahli madyadi bidang teknik mesin dan mekanik, menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan di bidang teknik mesin, dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan  pelatihan di bidang permesinan.

Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain teknik produksi pemesianan manual dan CNC, CAD/CAM, perancangan mesin, Mold and Dies, Jig and fiture, perawatan mesin dan inspeksi, metallografi dan Mata kuliah-mata kuliah sesuai jalur peminatan.

Program studi ini terdiri atas program reguler dan kelas kerjasama untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang relevan,meliputi:

  1. Kelas regular dengan 3 peminatan yaitu Perancangan Mekanik, Produksi, dan Perawatan.
  2. Kelas kerja sama Teknik Mesin PNJ dengan PT. Solusi Bangun Indonesia (ex. PT. Holcim Indonesia) untuk kompetensi keahlian teknik industri pengolahan semen.
  3. Kelas kerja sama Teknik Mesin PNJ dengan PT. Garuda Maintenance Fasility atau PT. GMF untuk kompetensi keahlian teknik Perbaikan dan Pesawat Udara.
  4. Kelas kerja sama Teknik Mesin PNJ dengan PT. PT Formosa untuk kompetensi keahlian teknik produksi pemesinan dan mekatronik.


Share :


File Nama File Format Type
NULL