D-III Alat Berat

Abdul Azis Abdillah, S.Pd., M.Si.

Kepala Program Studi D-III Alat Berat

Periode 2017-Sekarang

PROGRAM STUDI D-III ALAT BERAT (TAB), TERAKREDITASI B

Visi:

“Menjadi Program Studi Unggul Bertaraf Internasional Dalam Bidang Teknik Alat Berat Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”

Misi:

1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi Dalam Bidang Teknik Alat Berat yang Berbasis Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkarakter Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengembangkan Penelitian Dalam Bidang Teknik Alat Berat dan Peningkatan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Berkelas Dunia Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

3. Mengembangkan Program Studi Yang Efisien, Efektif, Akuntabel Berbasis ICT (Information Communication Technology) dalam Bidang Teknik Alat Berat.

Program Studi Alat Berat merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III yang berdiri tahun 2001. Tuntutan kebutuhan dunia industry akan tenaga siap pakai membuat Program Studi Alat Berat, Politeknik Negeri Jakarta melakukan terobosan dengan menggandeng beberapa industry alat berat seperti PT Trakindo Utama sebagai partner industri.

Program Studi Alat Beratmenerapkan sistem link & match (keterkaitan dan kesepadanan) atau pembelajaran yang menyelaraskan dunia pendidikan dengan dunia industri. Bersama tim dari PT Trakindo Utama, dan beberapa industry alat berat lainnya, Program Studi Alat Berat juga merancang kurikulum pembelajaran bersama sehingga diperoleh kompetensi lulusan alat berat yang relevan dengan kebutuhan industry alat berat yang ada.

Selain itu, dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa juga berkesempatan untuk terjun dan melihat langsung dunia industry alat berat melalui Program Magang Industri. Dengan adanya kerjasama ini, peluang lulusan alat berat untuk langsung diterima di dunia industry alat berat sangat besar.

Kompetensi utama adalah mampu merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengoordinasikan pencegahan kerusakan, perawatan dan perbaikan alat berat serta menganalisis gangguan kerusakan pada alatberat.

Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Perkenalan Alat Berat, Mekanik Dasar, Sistem Electrik and Elektrikal, Sistem Hidraulik, Sistem Pemindah Tenaga, Sistem Engine, Dasar Pengoperasian Mesin, Perawatan Pencegahan, Analisa Kegagalan Terapan, dan Magang Industri.

Program studi ini terdiriatas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan. Pendidikan yang dilaksanakan berbasis kompetensi Industri Alat Berat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan supervisi di bidang Alat Berat, dapat menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan di bidang alat berat, dapat menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan pelatihan di bidang alat berat, serta dapat mengembangkan kemitraan dengan industry alat berat yang berbasis pengetahuan dan teknologi modern.

Kerja Sama Industri

PT. Trakindo Utama


Share :


File Nama File Format Type
NULL