D-III Teknik Konversi Energi

(Ir. Agus Sukandi, M.T., M.T.)

Kepala Program Studi D-III TKE Periode 2019-Sekarang

 

Visi:

“Menjadi Program Studi Unggul Bertaraf Internasional Dalam Bidang Teknik Konversi  Energi Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”

Misi:

1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi Dalam Bidang Teknik Konversi  Energi yang Berbasis Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkarakter Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengembangkan Penelitian Dalam Bidang Teknik Konversi  Energi dan Peningkatan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Berkelas Dunia Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

3. Mengembangkan Program Studi Yang Efisien, Efektif, Akuntabel Berbasis ICT (Information Communication Technology) dalam Bidang Teknik Konversi  Energi.

PROGRAM STUDI D-III TEKNIK KONVERSI ENERGI, TERAKREDITASI B

Program Studi Teknik Konversi Energi merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1985, memadukan bidang Ilmu Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia, mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang sistem energi yang mensinergikan aspek konversi dan konservasi energi, audit energi dan energi terbarukan.

Kompetensi utama Teknik Konversi Energi adalah penyelia, operator dan tenaga ahli madya perawatan bidang konversi dan konservasi energy, audit energy, energy terbarukan, mechanical rotating, electrical dan instrumentasi, dan proses pengolahan gas.
 
Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain Teknik Elektronika, Elektronika Daya, Teknik Tegangan Tinggi, Mesin Listrik, Mesin Termal, Sistem Kontrol, Computer Aided Design (CAD), Energi Terbarukan, Distribusi dan Transmisi, Manajemen Energi, Praktek Audit dan Optimasi Energi, Praktek Mesin Konversi Energi, dan Praktek Kerja Lapangan di BUMN, di Lembaga Pemerintah, dan di Industri yang terkait dengan bidang Konversi Energi. 
 
Kompetensi lulusan mampu mengisi kebutuhan ahli madya pada industri di bidang konversi energi, pembangkitan tenaga listrik dan konservasi energi untuk level penyelia, mampu menciptakan peluang usaha bidang teknik konversi energi, mampu menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan untuk bidang keenergian, mampu menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan  pelatihan di bidang keenergian, mampu mengembangkan kemitraan dengan industri bidang konversi energi dan pembangkitan yang berbasis pada pengetahuan dan teknologi. 
Program studi teknik konversi energi  terdiri dari program kelas reguler dan kelas kerjasama untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan, meliputi :
1. Kelas Reguler Teknik Konversi Energi.
2. Kelas Kerjasama Teknik Konversi Energi PNJ dengan PT. Badak Natural Gas Bontang untuk kompetensi keahlian teknik perawatan kilang dan pengolahan gas. Program kerjasama ini terdapat tiga bidang utama keahlian yaitu mechanical rotating, electrical dan instrumentasi, dan proses pengolahan gas.
 

Share :


File Nama File Format Type
NULL