S-1 Terapan Pembangit Tenaga Listrik

Widiyatmoko, S.Si., M.Eng.

Kepala Program Studi S-1 Terapan Pembangkit Tenaga Listrik

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK (TPTL), AKREDITASI A

Visi:

“Menjadi Program Studi Unggul Bertaraf Internasional Dalam Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”

Misi:

1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi Dalam Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Yang Berbasis Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Berkarakter Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengembangkan Penelitian Dalam Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Dan Peningkatan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Berkelas Dunia Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

3. Mengembangkan Program Studi Yang Efisien, Efektif, Akuntabel Berbasis ICT (Information Communication Technology) Dalam Bidang Pembangkit Tenaga Listrik.

Program Studi S-1 Terapan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (Power Plant) mulai berdiri sejak tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 166/E/O/2013 merupakan program studi yang unggul bertaraf Internasional dalam bidang Pembangkit Tenaga Kelistrikan.  Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Air, Efisiensi Pembangkit, dan Mata kuliah lain yang relevan.

Program Studi ini mampu berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi pembangkit ketenagakelistrikan, dapat menghasilkan tenaga terampil yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional, mampu meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pembangkit  yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Lulusan mampu bekerja sebagai ahli operasi, pemeliharaan dan inspeksi pada bidang Pembangkit Tenaga Listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan seperti Energi Air dan Panas Bumi, dan energi tak terbarukan seperti: Minyak Bumi, Batubara, dan Gas, serta mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi pembangkit tenaga listrik, disamping itu juga dapat bekerja mandiri untuk membuka usaha/jasa dibidang pemeliharaan Pembangkit Tenaga Listrik.

Tahun 2020 ini, Program Studi S-1 Terapan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik memperoleh hasil akreditasi A, berdasarkan Keputusan BANT-PT dengan No. 5659/SK/BAN-PT/Akred/ST/IX/2020. Program studi ini terdiri atas program reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

 


Share :


File Nama File Format Type
Sertifikat PTL 2020.jpeg image/jpeg