PNJ Gelar Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami di Cilodong

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Virus Korona (Covid-19) belum juga mereda, bahkan setiap harinya korban terus bertambah. Pandemi Covid-19 juga memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat dalam berbagai bidang, terutama pada bidang ekonomi. Secara langsung juga dampak ini menjadikan krisis kesehatan dan krisis sosial. Covid-19 menjadikan orang saling curiga satu sama lain, misalnya saja di suatu perkumpulan ada yang batuk-batuk, secara spontanitas respond dari orang sekitarnya menaruh kecurigaan dan mengundang pertanyaan, apakah orang tersebut batuk biasa atau batuk virus?

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2), merupakan virus yang menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Berdasarkan latar belakang tersebut,Program Studi Teknik Konversi Energi yang diinisitori oleh Isnanada Nuriskasari dan rekan dosen di Teknik Konversi Energi mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarkat dengan mengangkat tema ‘Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami Berbahan Dasar Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Kepada Warga Rw 04 Kampung Kebon Duren, Kecamatan Cilodong, Kota Depok Sebagai Upaya Mengatasi Kelangkaan Handsanitizer Saat Pandemi Covid-19’.

Tujuan utama dari kegiatan tersebut agar warga bisa memproduksi sendiri produk hand sanitizer berbahan herbal yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar. Selain itu cara pembuatannya pun relatif mudah, sehingga tidak memerlukan banyak modal.

Isnanda, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk keresahan dirinya  mengingat background keilmuannya yang relevan, ia ingin menghadirkan kegiatan yang bisa diberikan untuk warga sekitar Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

“Untuk mengendalikan penularan virus corona, selain menerapkan pola hidup bersih dan sehat, upaya membersihkan tangan dengan hand sanitizer juga perlu dilakukan ketika kita bepergian dengan cara yang praktis,” ujar Isnanda.

Muslimin, selaku ketua Jurusan dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan kebahagiannya karena warga kampung Kebon Duren telah menyambut kegiatan tersebut dengan begitu antusias.“Saya selaku Ketua Jurusan sangat berterima kasih atas sambutan dari warga. Dan saya harap kegiatan ini  ada keberlanjutannya di tahun berikutnya sebagai kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, kemudian Insya Allah pelatihan ini akan dijelaskan oleh Bu Isnanda yang latar belakang ilmunya memang teknik Kimia,” ujar Muslimin.

Pada kesempatan sambutannya pula, Ia memperkenalkan sekilas tentang PNJ dan setiap Program Studi yang ada di Jurusan Teknik Mesin.Pada kesempatan tersebut, Isnanda yang juga selaku instruktur menjelaskan materi seputar pembuatan hand sanitizer dari bahan alami kepada para peserta yang terdiri dari ibu-ibu warga Kampung Kebon Duren. Sebelumnya Ia sudah persiapkan dan membagikan materi dalam bentuk booklite untuk bekal peserta agar lebih mudah memahami isi materi yang disampaikan. Para peserta mengaku senang karena telah memperoleh ilmu baru dan nanti bisa dipraktikkan di rumah masing-masing.

“Cara membuatnya sangat mudah dan pematerinya jelas dalam memaparkan materinya,” ungkap salah satu peserta, Suparni.

Cara pebuatan hand sanitizer alami ini relatif mudah, dan Adapun bahan dan alat bisa diperoleh dari sekitar ktia. Di antaranya bahan; daun sirih, jeruk nipis, dan air. Alat yang dibutuhkan yakni panci, gelas ukur, pisau, wadah, saringan, timbangan, sendok, corong, dan botol spray. Langkah-langkah pembuatannya.

Tahap 1. Pembuatan ekstrak daun sirih , Untuk membuat 200 mL hand sanitizer alami, Timbang 50 gram daun sirih, cuci bersih dan keringkan, iris daun sirih dinginkan ekstrak daun sirih hasil kukusan, Tahap 2. Pencampuran ekstrak daun sirih dan perasan jeruk nipis, caranya dinginkan ekstrak daun sirih, masukkan perasan jeruk nipis, tuangkan 20 mL (2 jeruk nipis / 4 sendok makan) air perasan jeruk nipis ke dalam gelas ukur, langkah ketiga saring ekstrak daun sirih yang telah didinginkan dan tuangkan ke dalam gelas ukur yang berisi perasan jeruk nipis, aduk rata, langkah keempat jika hasil saringan ekstrak daun sirih dan jeruk nipis kurang dari 200 mL, tambahkan air matang hingga 200 mL ke dalam campuran, aduk rata, terakhir tuang sediaan HandSanitizer Alami ke dalam botol spray, Hand Sanitizer Alami siap digunakan. (AYY)


Share :


File Nama File Format Type