PNJ

Teknik Mesin

politeknik negeri jakarta


Teknik Mesin


Jurusan Teknik Mesin menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam industri manufaktur, energi, dan optimasi serta perawatan alat berat. Jurusan Teknik Mesin memiliki tiga program studi yaitu Program Studi Teknik Mesin dengan dengan konsentrasi Teknik Perancangan, Teknik Produksi dan Teknik Perawatan, Program Studi Teknik Energi dan Program Studi Alat Berat.

Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin berdiri tahun 1982 merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III dengan konsentrasi Teknik Produksi, Perawatan, dan Teknik Perancangan.
Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Mesin untuk Konsentrasi Mesin, merancang tata letak pabrik, menggambar mesin 3 dimensi. Konsentrasi teknik produksi antara lain menentukan sistem kerja yang optimal, menghitung biaya dan volume produksi, mengendalikan proses dan mutu di industri. Konsentrasi teknik perawatan antara lain mengoptimalkan operasi mesin-mesin manufaktur, merencanakan tindakan perawatan, melakukan perawatan hidrolik dan pneumatic.
Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Teknik Perancangan Komponen Mesin, Perancangan Instalasi Pabrik, Teknik Produksi, Praktek Produksi, Teknik Perawatan dan Perbaikan.

Program Studi Teknik Konversi Energi
Program Studi Teknik Konversi Energi merupakan pendidikan Vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1991. Memadukan bidang ilmu teknik mekanik dan listrik, mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang sistem energi yang menyinergikan aspek konversi dan konservasi energi.
Mata kuliah yang diajarkan terdiri dari 55% praktek teori dengan mata kuliah inti antara lain Teknik Elektronika, Elektronika Daya, Teknik Tegangan tinggi, Mesin Listrik, Mesin Termal, Computer Aided Design (CAD), Energi Terbarukan, Distribusi dan Transmisi, Manajemen Energi, Praktek Audit dan Optimasi Energi, Praktek Mesin Konversi Energi Praktek Kerja Lapangan di Industri Pembangkit. Program studi ini didukung oleh staf pengajar S3 (12%), S2 (81%), dan SI (7%).

Program Studi Alat Berat
Program Studi Alat Berat merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1996 bekerjasama dengan PT. Trakindo Utama mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam industri alat berat yang mampu merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengkoordinasikan pencegahan kerusakan, perawatan dan perbaikan alat berat serta menganalisa gangguan kerusakan pada alat berat (traktor, escavator, tronton, dan genset). Program Studi Alat Berat menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik mesin.

Memiliki karakter dengan kebiasaan dasar soft skill dan technical skill, memiliki karakter dengan kebiasaan dasar sesuai dengan standar partner industri, mampu merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengawasi, mengendalikan dan mendokumentasikan pekerjaan di lapangan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tanggung jawab sosial sehingga mampu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat luas sesuai UUD 45, Pancasila dan nilai-nilai kemanusiaan universal.
Memiliki kompetensi teknisi setingkat level Technician, memiliki kemampuan dasar problem solving dan analisa teknis, memiliki kemampuan dasar problem manajemen, melakukan pemeliharaan dan perbaikan mesin mekanis dan sistem elektronik alat berat, memiliki kemampuan mengembangkan dirinya menjadi tenaga-tenaga supervisi serta mampu memahami nilai-nilai kerja dan prinsip-prinsip yang benar.