PNJ

Teknik Mesin

politeknik negeri jakarta


PNJ-Holcim


TENTANG PROGRAM EVE

EVE memilih lulusan SMA (atau sederajat) untuk dapat bergabung menempuh proram pendidikan selama 3 tahun sebagai teknisi professional dibidang industri semen. Lulusan EVE yang sukses akan memperoleh ijasah dari Politeknik Negeri Jakarta dengan gelar Ahli Madya dan diberikan kesempatan langsung bekerja di PT. Holcim Indonesia.
Tujan dari program ini untuk menjawab tantangan yang diharapi kubutuhan saat ini yang meluputi : kurangya tenaga teknisi professional yang dapat menyelsaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan teknologi terkini. Dua program EVE yang telah dijalankan yang berlokasi di plant Narogong (Bogor) dan plant Cilacap (Jawa tengah) dengan masing-masing merekrut 18 siswa setiap tahunnya. Perekrutan diambil dari 4 lokasi plant holcim yaitu plant Narogong (Bogor), Cilacap (Jawa tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lafagre (Aceh). Plant Lafarge Aceh baru bergabung 2015 dengan Holcim, sehingga saat ini Holcim berubah nama menjadi Holcim-Lafarge. Program ini difokuskan untuk siswa yang cendrung berdomisili disekitar lokasi plant yang mana dapat maju bersama untuk meningkatkan taraf hidup, tantangan dan misi di wilayah plant.

Aktivitas selama tiga bulan pertama siswa akan mendalami keahlian dibidang kerja bangku, sifat-sifat dasar material, teknik pengukuran dan mempelajari standar-standar yang teradapat di Holcim yang mengacu pada kepresisian, efesiensi dan kualitas. Siswa akan berpengalaman bekerja diberbagai departemen linkungan plant, mendukung komponen team. Di tahun pertama, siswa malakukan praktik di departemen bahan baku (quarry) dan perawatan labolatorium teknis. Di tahun kedua siswa diharapkan berpengalaman di departemen kelistrikan dan produksi. Ruang kelas dan workshop merupakan fasilitas pendukung teori pembelajaran matematika, ilmu bahan, teknologi fabrikasi, gambar mesin dan kelistrikan, hidrolik dan teknik kendali dan penggunakan simulator. Selain itu, siswa mengembangkan kemampuan menulis dan berkomunikasi, juga dilatih menggali masalah –masalah yang terjadi di lingkungan dan solusinya. Ditahun akhir program ini, siswa mengabil spesialisasi di departemen yang diambilnya dan menentukan tugas akhir.
Mengacu kepada system pendidian vokasi Swiss. Siswa EVE mendapatkan uang saku, fasilitas dan material yang disediakan oleh Holcim, membuat siswa mandiri secara ekonomi guna menudukung dirinya dan keluarganya.

Pertama kali EVE holcim dibuka pada tahun 2005, pada tahun 2008 program EVE telah meluluskan 29 siswa. Secara berkelanjutan program ini dilakukan setiap tahunnya terhadap lulusan SMA yang melewati proses seleksi. Lulusan program EVE in akan dipekerjakan di Holcim. Persentase lulusan dari program ini yang telah dihasilkan tahan 2005, sebanyak 100%, 2006 sebanyak 100%, 2008 sebanyak 100% dan 2009 sebanyak 100%.

SELEKSI PENERIMAAN SYARAT PENDAFTARAN